TENTANG PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIB

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU

Program studi Teknologi Industri Pertanian (PS TIP) Universitas Bengkulu didirikan berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 50/Dikti/Kep/1998, tanggal 28 Februari 1998. PS TIP telah mendapatkan akreditas B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Saat ini PS TIP merupakan salah satu PS favorit di UNIB yang diminati oleh calon mahasiswa, baik dari Bengkulu maupun luar propinsi Bengkulu.
Program Studi Teknologi Industri Pertanian mengajarkan disiplin keilmuan yang menitikberatkan pada dasar perencanaan, pengembangan, evaluasi, dan penerapan sistim produksi seperti manusia, mesin dan peralatan serta sumber daya pertanian untuk mencapai efisiensi dan efektifitas yang optimal.

VISI
Menjadi program studi yang kompeten terhadap permasalahan agroindustri serta peningkatan keilmuan teknologi industri pertanian dan aplikasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang agroindustri dan kompetitif pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
MISI
Misi PS TIP adalah :
1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas dan kompetitif serta memberikan kesempatan belajar yang bermanfaat untuk mendukung pengembangan diri peserta didik untuk meraih sekses melalui pemahaman terhadap kaidah-kaidah Ilmu Teknologi Industri Pertanian dan aplikasinya di dalam era industrialisasi dan grobalisasi.
2. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta daya saing Program Studi dalam melaksanakan program akademik yang efektif, penelitian yang kompetitif dan pengabdian pada masyarakat yang dapat bermanfaat dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang relavan dengan perkembangan zaman.
 
KURIKULUM DAN STAF PENGAJAR
Program Studi TIP membekali calon tenaga ahli dengan kurikulum yang seimbang antara ilmu terknologi pertanian dan ilmu manajemen yang ditunjang dengan sarana mutakhir seperti komputer dan analisis sistem.
Kurikulum ini diselenggarakan dengan dukungan 26 staf pengajar. Mayoritas (18 orang) berkualifikasi pendidikan S2 (Master) dan 4 orang dengan kualifikasi S3 (Doktor) lulusan Universitas terkemuka dari dalam negeri (UGM, IPB, UNAND, USU) dan luar negeri (Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Australia, New Zealand, dan Philipina) serta 2 orang Profesor.
FASILITAS PENUNJANG
Penyelenggaraan perkuliahan bagi mahasiswa PS TIP dilaksanakan pada Gedung Kuliah Bersama yang dikelola oleh Fakultas Pertanian , sedangkan praktikum dilakukan di Laboratorium Teknologi Pertanian. Laboratorium ini terdiri dari 5 devisi yaitu Sistem Industri, Bioindustri, Produksi, Alat dan Mesin Pertanian serta Rekayasa Pangan.
Proses pembelajaran didukung oleh Perpustakaan (Universitas dan Fakultas). Sarana komputer dan Internet tersedia untuk mahasiswa di beberapa gedung di lingkungan Universitas Bengkulu (diantaranya di PS TIP). Peningkatan pengetahuan berbahasa Inggris dapat dilakukan melalui kursus pada UPT Bahasa Inggris
KEGIATAN MAHASISWA
Pembinaan kreativitas dan bakat mahasiswa dilakukan melalui berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mempunyai aktivitas yang bervariasi (penalaran dan  keilmuan, seni dan budaya, olah raga, kerohanian, pengabdian pada masyarakat). Pada ajang kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh DIKTI, mahasiswa PS TIP menguasai 40% dari total proposal yang diterima Universitas Bengkulu.
BEASISWA YANG TERSEDIA
Tersedia berbagai jenis beasiswa untuk 35-40 mahasiswa PS TIP setiap tahun; atau rata-rata sebanyak 40% dari jumlah mahasiswa PS TIP yang telah menempuh 2 semester. Beberapa sumber beasiswa tersebut antara lain : Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), SUPERSEMAR, Toyota  Astra, Pertamina, Bank Indonesia, BBM, PKPS-BBM, dan DPP SPP, semua mahasiswa TIP mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.
PROGRAM UNGGULAN
Kegiatan penelitian dan pengembangan keilmuan PS TIP menitikberatkan pada pemanfaatan sumber daya alam dari Propinsi Bengkulu. Penelitian yang telah dikembangkan anata lain : kelapa sawit (biobriket, minyak sawit merah, minyak goreng, sabun padat); karet (manajemen mutu, pengolahan limbah); kelapa (VCO, minyak goreng, nata de coco, gula merah); kakao dan kopi (manajemen mutu coklat dan kopi bubuk); hortikultura (mie, tepung, kerupuk, tempoyak) dan perikanan (produk biofarmaka teripang, nungget ikan, kitosan dari kulit udang).
LULUSAN DAN LAPANGAN KERJA
Profil yang dimiliki oleh para lulusan PS TIP adalah mampu secara sistematis memecahkan masalah dalam suatu sistem industri pertanian; terampil menemukan berbagai alternatif untuk memecahkan masalah dengan alat analisis berupa prinsip, perancangan, evaluasi dan pengendaliannya; mampu mencari jawaban terbaik dengan pendekatan sistem terpadu dalam sistem industri pertanian.
Lulusan TIP mampu berkompetisi secara nasional dalam memperoleh peluang kerja atau menciptakan lapangan kerja. Lapangan kerja lulusan PS TIP terkait dengan berbagai aspek yang berhubungan dengan masalah optimasi dan efisiensi melalui pendekatan teknis dan manajemen, seperti perencanaan dan pengaturan produksi, optimasi sistem penyimpanan/inventory, dll. Bidang pekerjaan lulusan meliputi :
1. Perencanaan, peneliti teknik industri dan pengembangan produk (Perkebunan Sawit Bakrie Group-Medan, Perkebunan Sawit Musi Mas-Kerinci, Perkebunan Sawit Sinar Mas-Kalimantan, Sandubi-Bengkulu Utara, Perkebunan Sawit DDP-Bengkulu Utara, Pabrik Kertas-Pekanbaru)
2. Dosen (UNIB, UNIVED, STP Medan)
3. Konsultan
4. Pegawai Negeri Sipil ( di berbagai Dinas/Departemen)
5. Perbankan (BRI, Danamon, Muamalat, BSM, BTN, BTPN)
6. Manajemen Mutu
7. Wiraswasta jasa boga
8. Wiraswasta industri pertanian/perkebunan (kelapa sawit, karet, kopi, coklat, dll)
9. Swasta (RBTV, TVRI, Harian Rakyat Bengkulu)
Masa tunggu kerja tercepat lulusan PS TIP adalah 1 bulan.
KERJASAMA DENGAN PERUSAHAAN INDUSTRI PERTANIAN
Setiap tahun PS TIP mengirim 40-50 mahasiswa kepada perusahaan yang bergerak di bidang industri pertanian untuk berbagai keperluan pendidikan seperti kuliah praktek lapangan, praktek kerja, dan penelitian tugas akhir (skripsi) mahasiswa. Perusahaan Mitra PS TIP dalam menciptakan lulusan yang kompetitif dan siap pakai antara lain sebagai berikut :
1. PT. Bio Nusantara Teknologi (Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit, Bengkulu).
2. PT. Agricinal (Pabrik Pengolahan Kelapa sawit, Bengkulu Utara).
3. PT. Sarana Mandiri Mukti (Pabrik pengolahan Teh, Kepahiang, Bengkulu).
4. PT. Agro Muko (Pabrik Pengolahan Minyak Goreng, Muko-muko, Bengkulu).
5. PT. Incasi (Pabrik Pengolahan Minyak Goreng, Padang, SUMBAR).
6. Unit Pengolahan Teh Hitam PTPN VI Kayu Aro, Kayu Aro, Jambi.
7. Unit Pengolahan Teh Hitam PTPN VII, Gunung Dempo, Pagar Alam, SUMBEL.
8. Unit Pengolahan Karet PTPN VII Padang Pelawi, Padang Pelawi, Bengkulu.
9. PT. Bukit Angkasa Makmur (Pengolahan Karet, Bengkulu).
10. PT. Dharia Dharma Persada (Pabrik Pengolahan Kelapa sawit, Ipuh, Bengkulu Utara).
11. Unit Pabrik Gula PTPN VII Cinta Manis, SUMSEL.
12. Unit Pabrik Gula PTPN VII Kembang Mayang, Lampung.
13. Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS), Bandung , Jawa Barat.
14. PT. Bogasari Flour Mills, Cilincing, Jakarta Utara.
15. Unit Pengolahan Kelapa Sawit PTPN VII Pring Baru, Bengkulu.
16. PT. Sinar Alam Permai (Produsen Minyak Goreng, Palembang).