Pendidikan Agama

MATA KULIAH : PENDIDIKAN PANCASILA
KODE MATA KULIAH : UNB 100
BEBAN KREADIT : 3 SKS

Koordinator : Arsyadani Mishbahuddin, M.Pd.I

Capaian Pembelajaran Langsung:
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu MEMBACA Al-quran dan melaksanakan sholat, menjalankan ajaran Islam secara kaffah, dalam rangka beribadah dan menjadi khalifah Tuhan di bumi, baik bagi diri, keluarga, masyarakat, negara, dan dunia sehingga profesional dibidangnya sesuai dengan Al-quran dan Sunnah Rasulnya.


Deskripsi Singkat Mata Kuliah :

Mata kuliah ini diajarkan untuk mencapai kompetensi penerapan agama dan keimanan dalam segala aspek kehidupan melalui pembahasan yang komprehensif mengenai ketuhanan, keimanan, fungsi dan tugas manusia, hukum Islam, HAM, Akhlak, pandangan Islam tentang iptek dan seni, kerukunan umat beragama, kesejahteraan ummat, kebudayaan Islam dan demokrasi dalam Islam. Diharapkan setelah mempelajari materi-materi tersebut, mahasiswa mampu menjadi manusia yang sempurna, yang selalu berpegang pada prinsip-prinsip keislaman, apapun profesi yang digelutinya kelak.